Selasa, 17 Maret 2015

KASUS 2-1

    

   1. Apakah anda setuju dengan pendapat yang dikemukan Cairn bahwa klasifikasi akuntansi terlalu        sederhana dan kurang relevan dalam dunia saat ini? Apakah usaha-usaha untuk mengklasifikasi          akuntansi tidak bermanfaat dan ketinggalan zaman? Mengapa dan mengapa tidak?
       Jawab:
     Saya kurang setuju dengan pendapat yang dikemukakan oleh Claim, karena menurut pendapat saya mengklasifikasi akuntansi sangat bermanfaat bagi perkembangan akuntansi khususnya akuntansi internasional, apalagi di era yang sudah maju ini semua yang menyangkut dengan kegiatan akuntansi sangat diperlukan terutama untuk perusahaan-perusahaan yang sudah go Publik. Selain itu akuntansi juga sangat berguna sebagai alat atau informasi bagi pihak ekstern dan para pengambil keputusan.

   2. Beberapa pengamat berpendapat bahwa pelaporan keuangan menjadi semakin mirip dengan              dikalangan perusahaan "kelas dunia" - perusahan-perusahaan multinasional terbesar didunia -dan      khususnya yang mencatatkan sahamnya dibursa efek utama seperti London, New York, Tokyo.          Apakah relevansinya pendapat ini terhadap klasifikasi akuntansi dan apa saja faktor yang                  menyebabkan terjadinya hal ini?
       Jawab:
     Menurut pendapat saya perusahaan-perusahaan multinasional saat ini sudah menyesuaikan laporan  keuangan mereka sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi internasional. Dan hal itu memang harus  dilakukan karna akuntansi sebuah perusahaan yang baik adalah yang dapat menyesuaikan dengan  perkembangan akuntansi internasional. Dengan penyesuaian prinsip prinsip yang baru, maka laporan  keuangan yang baik dapat dijadikan sebagai sarana informasi bagi para akuntan diseluruh dunia  apalagi bagi perusahaan yang go publik. Salah satu faktor yang menyebabkan laporan keuangan saat  ini semakin mirip dengan perusahaan “kelas dunia” yaitu sebagai daya tarik untuk para investor agar  dapat mempertimbangkan agar mau berinvestasi.
           
            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar